Cara Mengaktifkan System UI Tuner di Setelan Android Marshmallow

Tutorial Mudah Cara Mengaktifkan System UI Tuner di Setelan Android Marshmallow Tanpa Root Android AnyarSystem UI Tuner atau dalam bahasa Indonesia ditulis Penyetel Antarmuka Pengguna Sistem pada dasarnya merupakan menu yang tertanam untuk perangkat Android 6.0 Marshmallow. Akan tetapi, fitur dan/atau menu ini sengaja disembunyikan oleh sistem Android itu sendiri, agar tidak semua pengguna bisa menggunakannya, karena memang sifatnya ‘eksperimental’.

Ya, sama halnya dengan Developer Options atau Opsi Pengembang, menu SystemUI Tuner juga bisa dibilang rawan resiko saat digunakan terutama oleh pengguna awam.

Namun bagi beberapa pengguna Android yang terlanjur penasaran apa saja isi fitur di dalam menu SystemUI Tuner Android Marshmallow ini, tidak ada salahnya untuk ikut serta mengaktifkan (enable) System UI Tuner dengan tujuan belajar bersama-sama blog androidanyar.id.

Cara Mengaktifkan System UI Tuner di Setelan Android Marshmallow:

Pertama: Aktifkan layar kunci HP Android Anda, dan buka bar pemberitahuan (notification bar) atau bar setelan cepat (quick settings). Jika Anda bingung maksud saya, silakan tarik layar Android dari ujung atas ke bawah saja.

How to enable System UI Tuner Android One

Di situ Anda akan melihat ikon roda gigi (gear) untuk membuka menu Setelan / Pengaturan Android. Jangan ditekan, tapi silakan Anda TEKAN dan TAHAN selama sekitar 5 detik, dan lepaskan.

Maka popup berisi pemberitahuan bahwa menu System UI Tuner telah ditambahkan dan muncul di dalam Setelan Android.

Sekarang di bagian Setelan, gulung layar sampai paling bawah, maka Anda sudah bisa menemukan setelan System UI Tuner atau Penyetel Antarmuka Pengguna Sistem.

Cara Memunculkan Setelan Menu System UI Tuner Android

Saat pertama kali membukanya, Anda akan diminta sekali lagi untuk berhati-hati dalam menggunakan fitur di dalam SystemUI Tuner ini. Jika yakin, tap GOT IT.

Bisa dilihat pada gambar screenshot di bawah ini bahwa dalam menu System UI Tuner di HP Android One saya berisi empat fitur, yakni Quick Settings, Status Bar, Show Embedded Battery Percent, dan Demo Mode.

Menghidupkan Fitur System UI Tuner Android Tanpa Root

Untuk saya pribadi, saya memanfaatkan fitur di SystemUI Tuner Android 6 Marshmallow saya untuk menampilkan angka persen baterai, sehingga tanpa harus root atau memakai aplikasi bantu lain.

Cara Nonaktifkan Setelan System UI Tuner di Android Marshamallow:

Setelah berhasil memunculkan setelan SystemUI Tuner di Android Anda, entah karena alasan apa saja dan Anda ingin kembali mematikan fitur ini, silakan ikuti tahap ini untuk kembali menyembunyikan menu Penyetel Antarmuka Pengguna Sistem:

Cara Mematikan Fitur System UI Tuner Android
  1. Buka quick setting/notif bar.
  2. Tekan dan tahan ikon gir Setelan selama 5 detik, lepaskan.
  3. Pilih Remove atau Hapus saat muncul kotak konfirmasi seperti gambar atas.
  4. Selesai. Anda tidak perlu reboot perangkat Androidnya.

Demikian tutorial lengkap cara mudah menghidupkan fitur System UI Tuner APK dan menghilangkan kembali di semua HP Android terbaru, studi kasus saya uji coba pada device Android One Nexian Journey 1 dengan OS Android 6.0 Marshmallow terbaru. Semoga bermanfaat.

AndroidAnyar.id

Tentang AndroidAnyar.id

Situs androidanyar.id sebelumnya adalah blog android-anyar.blogspot.com yang kini telah diperbarui agar lebih nyaman bagi pengguna serta meningkatkan pengalaman membaca Cara Mengaktifkan System UI Tuner di Setelan Android Marshmallow.

Tinggalkan komentar